Selasa, 09 September 2014

Tugas Pertama Mata Kuliah Perilaku Konsumen



Consumer Behaviour Class IPB September 2014

Anes Febriawati
Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan IPB

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC

Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
Ir. Retnaningsih, MS
Megawati Simanjuntak, SP, MS

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB

 

PEDAGANG BUNGA

Institut Pertanian Bogor (yang selanjutnya disebut IPB) memiliki kegiatan rutin yakni menyelenggarakan wisuda beberapa kali dalam setahun, yakni Januari, April, Juni, September, dan November. Hari sudah bisa dipastikan yakni hari rabu, selalu hari rabu, dan pasti hari rabu. Banyak orang yang memanfaatkan acara rutinnan ini untuk mendapatkan setiap keuntungan berlebih. Biasanya yang selalu hadir tanpa absen adalah penyedia foto dengan latar belakang tumpukan buku di atas rak berwarna merah kecoklatan (sampe sekarang aku juga ga ngerti itu maksudnya perpustakaan atau ruang kantor, abisnya ga jelas). Ada juga pedagang bunga. Kalian yang pengen beli bunga buat kakak atau teman yang sedang wisuda ga perlu khawatir kehabisan stok bunga, karena hampir disetiap sudut IPB pasti ada pedagang bunga mulai dari pintu masuk, pintu keluar, dipinggir jalan, bahkan ada juga yang buka lapak di depan lapak sesama pedagang bunga. Astaga. Kalau boleh dihitung jumlah pedagang bunga itu pasti ratusan, dan tentunya bunga yang dijual jumlahnya ribuan. Dari segi harga memang tidak teralu berbeda antara satu pedagang dengan yang lainnya, bekisar 10 ribu per tangkai, ada juga rangkaian bungan dengan harga 25-30 ribu per rangakai. tapi itu juga masih bisa ditawar looh. Waktu itu aku dan teman-teman sempet beli beberapa bungan untuk kakak kelas yang wisuda, bunga mawar merah, putih, pink, dan juga biru (dikasih pewarna tentunya) dengan harga 10 ribu per 3 tangkai dan 50 ribu per 3 rangkai bunga. Tentunya harga itu kami dapatkan setelah melewati perdebatan panjang dengan berbagai kata-kata indah dan keringat becucuran ( karena waktu itu panas banget haha ). Namun dari kejadian tersebut bisa dilihat bahwa setiap orang memiliki cara dan strategi tersendiri dalam memainkan peran masing-masing. Ada harmonisasi antara pedagang dengan pembeli yang ahirnya merujuk dalam satu kesepakatan. Pedagang bunga menfaatkan kegiatan wisuda dengan berbondong-bondong datang ke IPB dengan harapan meraih untung banyak karena pasti akan banyak sekali orang yang membutuhkan bunga pada saat itu. Setiap pedagang juga pasti memiliki strategi pemasaran masing-masing untuk menarik pembeli, mulai dari patokan harga yang tidak terlalu tinggi, sikap yang ramah, tampilan dari bunga yang masih segar, bunga yang dirangkai dengan indah, dan juga penampilan yang berdagang juga harus diperhatikan (kalau yang dagangnya kucel kan ga enak juga diliatnya haha). Dan kita sebagai pembeli tentunya juga harus memiliki strategi khusus sebelum bertransaksi agar mendapat kepuasan dari segi barang dan jasa, mulai dari memilih kondisi bunga yang bagus dan segar, dan juga mampu menawar harga dari penjual (tentunya jangan kejam juga yaa kalau nawar, masa 25 ribu jadi 5 ribu haha).



Kamis, 10 September 2014
Anes Febriawati
Manajemen Sumber Daya Perairan
IPB